Login

Register

Login

Register

International Language Center (ILC)

ILC (International Language Center) adalah lembaga bahasa inggris yang memfokuskan diri pada program International Test Preparation (TOEFL®, IELTS, GMAT, GRE®, TOEIC®) dan program bahasa Inggris untuk High Education (SMA, S1/S2/S3).

Apa saja program-program yang ada di ILC?
ILC Preparation class for the TOEFL®
TestPrediction Test Program

Ada beberapa keunggulan yang dimiliki oleh ILC, dan jarang dimiliki oleh lembaga bahasa Inggris lain di Indonesia, yaitu:

ØStaff Pengajar ILC memiliki sertifikat NG-TOEFL Training dari ETS, New Jersey

ØStaff Pengajar ILC memiliki sertifikat TOEIC® Technical Assistance dari ITC – ETS Representatives of TOEIC® Test In Indonesia

ØStaff Pengajar ILC adalah para dosen ahli dan profesional di bidangnya dengan pengalaman mengajar di berbagai lembaga pendidikan, universitas dan perkantoran selama lebih dari 10 tahun.

ØILC memiliki Computer Laboratory class yang digunakan untuk Proses Belajar Mengajar.

ØILC memiliki ratusan bank soal dari banyak sumber bermutu dan sesuai dengan standar test yang berlaku.

ØSertifikasi TOEFL® Prediction Test yang dikeluarkan oleh ILC telah diterima di beberapa PTN di Inonesia dan instansi BUMN serta swasta.

Kenapa kita perlu mengambil program Preparation?

Preparation diperlukan terutama bagi mereka yang akan mengambil TOEFL® Test, baik itu Institutional ataupun International dan yang memiliki tujuan untuk memperoleh target TOEFL® Score yang tinggi.

Preparation juga diperlukan bagi para peserta GRE® Test atau GMAT® Test agar dapat mempersiapkan diri lebih matang dalam menghadapi soal-soal test yang muncul. Sehingga pada hari test peserta test yang telah menjalani preparation class program bisa lebih tenang dan merasa lebih siap dalam menghadapi berbagai tipe-tipe soal yang akan muncul pada layar komputernya, dibandingkan dengan peserta test yang tidak pernah menghadapi soal test pada layar komputer (belajar hanya dari soal-soal di buku atau lembaran kertas).

Apa kita tidak bisa belajar sendiri di rumah, dengan beli buku atau software TOEFL® Test yang dijual di pasaran?

Bisa saja. Tetapi yang perlu diingat adalah setiap orang memiliki kemampuan belajar yang berbeda. Ada yang mampu belajar mandiri dan ada yang memerlukan pemandu. Di dalam mempersiapkan diri menghadapi TOEFL® Test bukan hanya butuh latihan tetapi jakan lebih baik jika didampingi pemandu. Pemandu ini diperlukan untuk memberi arahan dan strategi jitu dalam memperbaiki kesalahan sehingga tidak akan terulang lagi dan mampu meningkatkan prosentase score. Karena belajar TOEFL ® Test bukan seperti belajar menghadapi UNAS, yang bisa dilakukan dengan menghapal jawaban dan pertanyaan-pertanyaan dari berbagai sumber soal test. Akan tetapi lebih dibutuhkan pemahaman dan strategi.

Hasil yang akan didapat apabila belajar dengan pemandu akan lebih tinggi dibandingkan dengan belajar sendiri. Jika kita bisa mendapat score 500 dengan mengambil kursus, untuk apa kita belajar sendiri jika perkembangan score yang didapat hanya sampai 460, misalnya.

Apa saja yang dipelajari pada program Preparation for the TOEFL® Test di ILC?

  • CBT Preparation

Pada program CBT Preparation, materi yang dipelajari adalah:

– Listening, Structure dan Reading

  • NG Preparation

Pada program NG Preparation, materi yang dipelajari adalah:

Reading, Listening, Speaking, Writing dan juga Struture. Karena bagaimanapun juga, structure skills tetap dibutuhkan guna menunjang speaking dan writing skills.

Bagaimana proses belajar mengajar Preparationfor the TOEFL® Testdi ILC?

Di ILC, proses belajar mengajar menggunakan Computer Laboratory. Seluruh bentuk soal test dan practice test tertuang di dalam computer dan pembimbing ILC bisa langsung menganalisa dan memperbaiki. Sehingga prosentase kenaikan score akan lebih mudah diketahui langsung oleh siswa.

Apakah ILC menjamin para siswanya memperoleh score yang diinginkan?

ILC tidak bisa mengatakan istilah “menjamin”, karena ketika TOEFL ® Test dilakukan, peserta test berjuang sendiri tanpa didampingi oleh ILC. ILC juga bukanlah lembaga yang berwenang membuat dan mengeluarkan soal-soal TOEFL® test. Selain itu, ketika test, faktor lain yang mempengaruhi performa peserta test adalah faktor psikis. Dengan demikian peserta test yang sesungguhnya bertanggung jawab penuh terhadap jawaban-jawabannya ketika test dan hasil score yang diperolehnya.

ILC hanya membantu memberikan bimbingan strategi dan fasilitas juga ilmu bahasa guna menghadapi soal-soal TOEFL® Test. Jika peserta test mengikuti segala arahan dan bimibingan yang diberikan oleh pembiimbing ILC selama masa preparation dan berkonsentrasi penuh pada soal ketika test, maka hasil yang didapat akan sangat memuaskan. Sampai saat ini, ILC telah berhasil mendidik banyak siswa hingga mampu mencapai score yang memuaskan baik itu PBT, CBT maupun iBT.

Kalau saya ingin mengikuti program di ILC, tapi hari dan jam belajarnya bisa tidak tetap, apakah bisa?

Tentu saja bisa. ILC juga memiliki Program Privat / Intensive. Pada program ini, siswa bisa menentukan jadwal belajarnya lebih fleksibel. Bahkan bisa meliburkan jadwal kelas yang telah ditetapkan sebelumnya tanpa harus kehilangan pertemuan. Siswa bisa mengganti pertemuan pada hari lain sesuai keinginan.

Saya ingin melanjutkan studi ke High School di luar negeri, program apa sesuai untuk saya?

Untuk belajar di High School Luar Nageri, jika tidak memerlukan iBT-TOEFL Score sebagai syarat masuk, maka program yang sesuai adalah Academic English.

Program Academic English terdiri dari :

Academic Translation (Indonesia-Inggris), Academic Fast Reading, Academic Communication, Academic Presentation, dan Academic Writing.

Materi yang paling banyak diminati oleh siswa ILC yang akan melanjutkan studi di High School Luar Negeri adalah Academic Communication, Academic Presentation dan Academic Writing.

Apakah ada program akademik khusus untuk mahasiswa S2 dan S3?

Tentu saja ada. Materi yang banyak diminati oleh para mahasiswa bahkan dosen S2 dan S3 adalah Academic Translation (Indonesia – Inggris) dan Academic Writing for Scientific Purposes.

Bagaimana cara belajar bahasa Inggris yang efektif sehingga bisa cepat berkomunikasi dengan bahasa Inggris?

Sebenarnya cara paling praktis menguasi bahasa Inggris adalah dengan banyak latihan menggunakan bahasa Inggris, dalam berkomunikasi verbal maupun dalam membuat tulisan di segala situasi. Akan tetapi terkadang banyak orang yang tidak memiliki kepercayaan diri ketika menggunakan bahasa Inggris dalam komunikasi keseharian, sehingga mengurangi kemampuan mereka menggunakan bahasa Inggris secara aktif.

Oleh karena itu, diperlukan lebih banyak praktik komunikasi aktif, selain untuk meningkatkan kepercayaan diri juga bisa lebih cepat mempelajari vocabulary maupun grammar secara efektif dan tepat. Seperti layaknya bayi yang belajar berbahasa Indonesia dengan cara mendengarkan orang – orang disekitarnya bicara, kemudian menirukan, sedikit koreksi dari orang dewasa atas kata-kata yang tidak tepat dan akhirnya diterapkan ketika ia sudah mampu bicara.

Apakah ada program bahasa Inggris di ILC yang bisa membuat saya menjadi lebih cepat menggunakan bahasa Inggris?

Ada. Program Integrated Conversation adalah program yang sesuai. Karena pada program ini, siswa tidak semata-mata diajarkan grammar dan menghapal vocabulary tetapi juga sekaligus diterapkan pada dialog keseharian dengan praktik komunikasi.